Kolose 2:6-15 part 7

Pada ayat terakhir dari perikop ini, Paulus memberikan kunci terakhir mengapa kita menang melawan dosa. Paulus mengatakan bahwa Kristus tidak saja hanya mati di kayu salib, namun Dia mengalahkan seluruh iblis, menghancurkan segala kekuasaan mereka dengan bangkit dari kematian dan membuat mereka malu dengan menang atas mereka.

Ayat ini penting sekali sebagai dasar iman kita untuk menghadapai godaan iblis. Setiap daripada kita tentu sering menghadapi godaan iblis dan jatuh berkali-kali. Godaan iblis terkecilpun adalah batu sandungan yang sangat besar jika kita hadapi sendiri. Kita sendiri tidak memiliki kekuatan untuk dapat mengalahkan godaan tersebut. Karena natur kita yang berdosa memang selalu menentang Tuhan dan cinta terhadap dunia ini.

Namun kita harus ingat, karena kita sekarang adalah umat Tuhan, kita disunatkan dari kehidupan manusia kita yang lama dan telah diberikan kuasa untuk mengalahkan godaan iblis. Namun kuasa ini tidak ada artinya jika Kristus tidak menang terhadap iblis itu sendiri. Ayat ini yang menggenapi bagian yang kosong ini. Karena Kristus telah mengalahkan kuasa iblis dengan bangkit dari kematian. Oleh sebab hal ini kita memiliki dasar iman akan bagaimana kita dapat menghadapi iblis dalam hidup kita.

Jadi bagi orang yang sudah ditebus dan sudah lahir baru, kita tidak boleh beralasan bahwa kita tidak memliiki kekuatan untuk menolak godaan jika ditawarkan sebuah godaan oleh iblis. Karena kita sudah memliki Kristus yang sudah mengalahkan kuasa iblis terlebih dahulu sebelum kita bertarung melawan mereka. Jika kita mengingat surat Efesus, kita harus memiliki perisai iman yang kuat untuk menahan serangan iblis.

Oleh sebab itu, mari kita semua beriman dengan teguh kepada Kristus dan karya keselamatanNya bagi kita. Dengan demikian maka kita akan mewarisi kuasa untuk boleh hidup suci dan berkenan kepada Tuhan.

Gambar diambil dari: http://www.picturesofjesus4you.com/debswritings/jesus-casting-demons.jpg

Comments