Kolose 3:1-17 part 1


Setelah berfokus kepada bagaimana meninggalkan hidup yang salah, dalam perikop baru ini, Paulus membahas hidup seperti apa yang harusnya kita hidupi. Paulus membuka dengan pernyataan, jika kita telah dibangkitakan dengan Kristus, kejarlah hal yang berada di atas dalam kekekalan bukan di bumi.

Paulus menyatakan bahwa hidup kita sebagai orang yang sudah ditebus haruslah berbeda dengan mereka yang belum. Dalam kesempatan ini, Paulus menonjolkan perbedaan kualitas dalam hal apa yang dikejar. Orang dunia akan mengejar uang, ketenaran, kenyamanan dll yang ujungnya adalah untuk diri sendiri. Bagi orang dunia, yang penting diri yang menjadi nomor satu. Namun kita sebagai orang yang sudah ditebus haruslah berbeda.

Ada beberapa aspek yang Paulus katakan mengenai mengejar hal yang kekal dalam surat-suratnya yang lain. Namun jika dirangkum, Paulus mendefinisikan hal kekal yang harus ktia kejar adalah pengenalan akan Allah sendiri. Namun berapa banyak orang yang mau bekerja keras dan berkorban demi mendapatkan hal mulia ini? Seseorang bisa bekerja keras membanting tulang agar bisa mendapatkan uang. Bahkan demi uang, banyak orang yang berbohong dan melakukan hal yang tidak benar. Banyak hal yang dapat dikorbankan seseorang hanya demi mendapatkan uang.

Lalu bagaimana dengan Kristus? Apakah kita sudah bekerja keras, rela berkorban dan menggunakan waktu kita untuk mengenal Dia lebih? Pasti kebanyakan dari kita akan mengatakan tidak dengan sambungan 1001 alasan untuk tidak mengenalNya lebih lagi. Kita semua adalah manusia yang hanya mau menerima keselamatan dariNya, namun tidak ingin mengenal siapa pemberi keselamatan tersebut. Jika kita jujur pada diri kita sendiri dan Tuhan, apakah tujuan kita tergabung dalam umat Kristen? Hanya sekadar untuk diselamatkan? Atau kita menginginkan pribadi Tuhan itu sendiri.

Mari kita semua mengarahkan hati kita pada arah yang benar. Mencari Kristus dan mencoba mengenalNya lebih lagi melalui FirmanNya. Agar kita memanfaatkan hidup ini untuk mencari hal yang kekal dimana ngengat dan karat tidak akan merusaknya.

Gambar diambil dari: http://theblessedcouponer.com/wp-content/uploads/2012/01/Bible-Study1-300x200.jpg

Comments