Kolose 3:1-17 part 5


Paulus melanjutkan perikop ini dengan menjelaskan bagaimana hidup yang benar sebagai orang yang telah dipilih Allah menjadi umatNya. Paulus menyatakan sebagai orang Kristen kita harus suci, berbelas kasih, baik, rendah hati, lembut hati dan sabar terhadap yang lain dan jika orang lain berbuat salah kepada kita, karena kita telah lebih dahulu diampuni Tuhan atas dosa kita, maka kita hendaknya mengampuni orang yang bersalah tersebut. Kemudian diatas semua itu ada kasih, kasih Agape seperti yang diberikan Tuhan kepada kita.

Ajaran Paulus ini mirip dengan prinsip buah Roh  yang ada di surat kepada jemaat Galatia. Semua hal yang disebutkan Paulus menjadi ciri-ciri jemaat Kristen yang sejati. Dunia melihat kita dengan stereotype seperti itu. Jadi jika kita gagal melakukannya, sudah pasti orang akan mulai menghina kekristenan. Apalagi di zaman ini banyak sekali orang yang menjadi Kristen hanya karena terpaksa ataupun hanay asal memilih saja. Alhasil tindakan-tindakan yang harus dilakukan seorang Kristen pun tidak dijalankan. Hal ini berakibat pada pandangan orang terhadap kekristenan. Banyak orang yang sekarang sudah menganggap semua agama sama saja, semua brengsek. Tentu ini menjadi halangan bagi orang Kristen yang memang tulus.

Adalah pekerjaan kita sekarang untuk kembali mengembalikan perspektif tersebut ke aslinya. Kunci dari keberhasilan kita adalah aspek yang terakhir disebut oleh Paulus; kasih. Kasih yang disebutkan Paulus mengikat ktia semua dalam satu harmoni adalah kasih yang bersifat Agape. Kasih Agape pada dasarnya adalah kasih Allah kepada manusia, dan kita sebagai cermin dari Allah harus mempraktekkan kasih yang sama seperti yang dipraktekkan Allah terutama dapat kita lihat pada Yesus yang hidup sebagai manusia.

Kasih yang seperti Allah berikan manusia tentu memiliki perbedaan kualitas dengan sekadar kasih dari dunia ini. Kasih yang mutlak inilah yang dicari dunia ini. Tinggal bagaimana kita merepresentasikannya melalui hidup kita, sehingga orang tertarik dengan kasih yang hanya dimiliki orang yang ditebus dalam Kristus. Inilah kesempatan bagi kita untuk meraih banyak jiwa-jiwa yang haus akan kasih sejati.

Kiranya kita boleh mempraktekkan kasih sejati yang datang dari Allah kepada sesame kita, agar orang lain dapat melihat perbedaan kasih yang datang dari Allah dan datang dari dunia ini.

Gambar diambil dari: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj2pi6-isIlk9_RjfwjgSDwmS3D44Hep57-NCOqYF-GTYzd22ANjaS6c9v262-ty1EfCJdUhW_B-wJedr6xW6uSnos54hYZ1X6RfQ2DoOjoCyqLx1Yp8k0-nDAOqPPsBQE6LrfMqZ-eb9s/s1600/jesus-cross-in-heaven-jesus-15495015-1086-768.jpg

Comments