Kolose 3:1-17 part 6


Paulus melanjutkan isi surat ini dengan mengaitkan kasih yang sebelumnya dibahasnya dengan damai. Paulus menyatakan hendaklah damai sejahtera yang dari Kristus memerintah hati kita, karena untuk itulah kita semua orang percaya dipanggil menjadi satu tubuh.

Di sini Paulus menyatakan salah satu panggilan kita sebagai orang Kristen. Kita orang-orang yang ditebus Kristus dipanggil untuk menyatakan damai sejahtera yang Kristus bawa. Kristus membawa perdamaian bagia kita yang sebelumnya berseteru dengan Allah Bapa karena dosa. Dengan Kristus meminum habis cawan murka Allah tersebut, maka kita bisa kembali diangkatNya menjadi anak-anakNya dan dapat memanggil Dia Bapa.

Namun efek dari perdamaian kita dengan Allah Bapa ini memiliki efek yang lebih dari sekadar apa yang tampak. Dari perdamaian ini, kita juga dapat mengasihi sesama kita dengan kasih yang Allah berikan. Hal ini juga membawa perdamaian kita dengan sesama kita. Dengan kasih yang benar diterapkan pada relasi kepada sesama manusia, maka damai itu akan memperdamaikan kita juga. Kasih itu akan merubah cara kita berinteraksi satu dengan yang lain.

Namun perlu ditekankan bahwa berdamai dengan Allah berarti kita bermusuhan dengan dosa. Ini bukan berarti bahwa kita akan menjauhi orang-orang yang penuh dengan dosa, selain karena semua manusia berdosa (termasuk kita juga), juga karena kita melihat teladan Kristus. Ketika Kristus melihat orang berdosa, Dia tetap mendekati mereka dan mengajak mereka bertobat. Kepada ahli-hali taurat, memang Yesus menghardik mereka dengan sangat keras, namun Kristus tetap mengasihi mereka dan berharap mereka kembali ke jalan yang benar.

Kiranya kita boleh memenuhi panggilan kita dalam tubuh Kristus untuk menyatakan damai yang berikanNya pada ktia terlebih dahulu kepada sesama kita manusia. Agar hidup kita boleh menjadi instrument of peace milik Tuhan bagi dunia ini.

Gambar diambil dari: http://4.bp.blogspot.com/_DWt9OFk8u_g/TAmqjtjerTI/AAAAAAAAC5M/ZZcWSIKr5KQ/s1600/Instrument+of+Peace+(1.bp.blogspot.com%2B_ETxkVjvML_0%2BSxRC3hyoMnI%2BAAAAAAAAB78%2BUghyGyrpi8Q%2Bs1600%2BdoveFlying.jpg).jpg

Comments