Kolose 3:1-17 part FINAL


Pada perikop ini, Paulus ingin menyampaikan kepada jemaat di Kolose bagaimana gaya hidup orang yang sudah ditebus. Paulus ingin menjelaskan, sebagai orang percaya, harus ada perbedaan mengenai bagaimana kita menjalankan hidup kita dari hari ke hari. Hanya dengan demikian lah kita bisa menjadi saksi Kristus. Karena tanpa perubahan hidup kita, maka dunia tidak dapat melihat Kristus melalui kita.

Paulus cukup detail memberikan ciri-ciri kehidupan orang yang sudah lahir baru pada perikop ini. Mulai dari apa yang kita kejar dalam hidup ini, mematikan hal-hal duniawi dalam hidup kita, menjalani hidup yang baru dalam Kristus, sampai mengasihi. Semua hal itu adalah hal-hal yang dapat menjadi checklist kita pribadi untuk melihat apakah kita sudah memiliki hidup yang diperbaharui Kristus atau belum.

Paulus menutup perikop ini dengan mengingatkan kepada kita semua agar kita tidak meninggikan diri kita pada setiap hal yang kita lakukan. Paulus mengingatkan kita kembali akan tujuan dan objek pelayanan hidup kita. Semua kemuliaan hanyalah untuk Tuhan saja. Kita hanyalah budak-budak yang memiliki sumber sukacita dari kesukacitaan Tuan kita saja. Budak seperti kita tidaklah layak menerima kemuliaan dari pelayanan kita.

Semua hal yang ada dalam perikop ini menjadi penanda bagi kita untuk kembali merefleksikan hidup kita semua. Apa yang sudah saya lakukan dengan hidup yang Tuhan berikan pada saya ini? Sudahkah saya memiliki hidup yang berbeda dengan dulu sebelum saya mengenal Kristus? Tanpa perubahan dalam pertobatan ini,  maka hidup kita tidak akan dapat bertumbuh menjadi semakin serupa dengan Kristus. Perlu ada perubahan arah hidup dalam pertobatan, sebelum kita dapat menguduskan hidup kita. Jadi janganlah ktia bermimpi dapat memuliakan Tuhan jika hidup kita masih mencintai dosa.

Mari semua kita merenungkan kembali hidup kita dengan detail. Minta pada Tuhan agar Dia memberikan pada kita kekuatan untuk hidup suci. Minta agar Dia menyatakan kemuliaanNya kepada kita seperti Dia menyatakannya kepada para nabi-nabiNya. Agar hidup ini boleh semakin suci dan semakin serupa dengan Kristus penebus kita.

Gambar diambil dari: http://www.flairfordesign.com/images/jesus_christ/8_jesus.jpg

Comments