Kolose 3:18 - 4:6 part 2


Paulus melanjutkan perikop ini dengan menjelaskan relasi antara anak dan orang tua. Paulus mengatakan bahwa hendaklah anak patuh pada orang tua dalam segala hal karena itu menyenangkan hati Tuhan. Orang tua (diwakili oleh ayah) juga hendaknya jangan menyakiti hati anak-anak karena itu akan membuat mereka patah semangat.

Paulus kali ini menggunakan kata obey sebagai ganti submit yang dipakainya pada relasi sebelumnya. Hal ini menunjukkan perbedaan ordo antara anak dan orang tua. Anak haruslah taat kepada orang tua walaupun tidak mengerti mengapa perintah tersebut diberikan kepadanya. Tugas anak hanyalah patuh terhadap segala ajaran orang tua yang tidak menentang Tuhan. Tugas orang tualah untuk menuntun anak untuk bertumbuh dalam Kristus.

Sebaliknya sebagai orang tua, hendaklah kita tidak menyakiti hati anak dengan memarahinya selalu dan menjelek-jelekkan anak kita selalu. Karena tindakan seperti itu akan membuat anak kita menjadi patah semangat untuk maju. Orang tua tentu boleh memarahi anaknya ketika anaknya berbuat salah. Namun orang tua lebih diarahkan untuk mendorong anak kita untuk maju. Dorongan ini dapat berupa pujian sederhana ketika anak kita melakukan sesuatu yang baik atau menunjukkan bagaimana melakukan sesuatu dengan benar jika anak kita melakukan sesuatu dengan salah. Dengan begini kepercayaan diri anak kita akan terbangun dan anak kita akan lebih mempercayai kita sebagai orang tua.

Relasi antara orang tua dan anak ini juga adalah relasi yang sudah banyak rusak di zaman ini. Orang tua yang sibuk bekerja sudah jarang memiliki relasi dekat dengan anaknya dan jarang memiliki kesempatan untuk mendidik anaknya. Alhasil banyak anak yang kurang memiliki etika dan hubungan dengan orang tua mereka. Ini menjadi masalah besar karena anak adalah satu-satunya titipan Tuhan yang dapat dibawa sampai kekekalan. Terlebih lagi, anak kita adalah penerus Godly generation yang sudah dibangun dalam gereja Tuhan. Hal ini menjelaskan betapa pentingnya mendidik anak dengan benar.

Sebagai seorang anak kita juga harus melihat bahwa patuh kepada orang tua adalah hal yang harus dilakukan. Mungkin kita tidak mengerti mengapa kita harus melakukan sesuatu yang diperintahkan orang tua, namun kita harus tetap tunduk dan percaya kepada orang tua kita yang menuntun hidup kita. Namun perlu diingat bahwa tetap taat kepada Tuhan adalah yang terutama.

Kiranya kita boleh memperbaiki relasi antara orang tua dan anak agar kembali suci dan kembali berfungsi dengan benar. Agar dalam satu keluarga, kita boleh sama-sama bertumbuh dan memuliakan Tuhan. 

gambar diambil dari: https://d1wh43egtz3cgo.cloudfront.net/promotion_images/0414/2753/original/Parents+and+Child.jpg

Comments