Kolose 4:7-18 part 1


Pada perikop ini Paulus menyampaikan salam dari berbagai orang yang ikut terlibat dalam pelayanannya. Mulai dari Thikikus, Onesimus, Aristarkus dan lain-lainnya. Paulus menyampaikan pesan dan salam dari orang-orang tersebut agar jemaat di Kolose tahu bahwa mereka tidaklah sendirian. Agar jemaat di Kolose sadar bahwa ada orang-orang yang berjuang demi pengabaran Injil yang sejati.

Mengapa hal ini penting ditulis oleh Paulus pada akhir suratnya kepada jemaat di Kolose? Karena bagi jemaat yang sedang diombang-ambing oleh ajaran-ajaran palsu, dibutuhkan perasaan bahwa mereka tidak sendiri, mereka bukan satu-satunya kelompok yang sedang berjuang untuk terus mengikut Kristus. Walaupun surat dari Paulus sendiri sudah menjadi bukti bahwa ada orang di luar sana yang peduli dan memperhatikan mereka terus. Namun dengan Paulus menyampaikan salam dari berbagai orang yang mereka kenal maupun yang tidak mereka kenal, maka akan timbul ketenangan dalam hati mereka lebih. Tanpa kesadaran ini, akan mudah sekali bagi sebuah kelompok goyah imannya.

Tidak hanya pada menyampaikan pesan, Paulus juga mengajak jemaat Kolose agar ikut turut dalam pelayanan mengabarkan Injil. Paulus meminta agar jemaat di Kolose juga mengabarkan Injil yang sudah mereka terima kepada orang-orang di Laodikia setelah membaca surat Paulus ini dengan membacakan surat ini juga kepada orang Laodikia. Ajakan Paulus ini mengajak agar jemaat di Kolose boleh ikut berbagian dalam pelayanan utama sebuah gereja sejati, yaitu pengabaran Injil.

Bagaimana dengan kita, jemaat Kristen yang hidup di zaman ini? Pada zaman ini, sudah tidak perlu lagi ada surat yang menyatakan bahwa kekristenan hidup di luar sana. Banyak orang yang mati dianiaya, banyak orang yang menderita karena iman mereka bahkan banyak yang mati karena mengijili. Lalu apa respon kita? Paulus mengajak agar jemaat Kolose ikut serta dalam penginjilan itu. Maka kita sebagai orang yang sudah diselamatkan harus juga ikut dalam pengabaran Injil. Tidak harus dalam bentuk kotbah besar di depan ribuan orang, namun dengan gaya hidup kita dan dari kata-kata Injil yang sederhana, kita dapat mengajak orang lain untuk bertobat atau kembali ke track yang benar.

Kiranya kita semua diberikan oleh Tuhan hati yang terus membawa kita dalam penginjilan. Agar orang lain boleh mengenal siapa Juruselamat umat manusia dan ikut diselamatkan bersama kita.


Comments