Pengantar Surat Filemon


Surat Filemon adalah surat yang ditulis Paulus kepada orang bernama Filemon. Filemon adalah orang kaya yang tinggal di Kolose yang mulai mengenal Kristus melalui gereja di Kolose. Filemon kemudian menggunakan rumahnya sebagai tempat orang-orang percaya di Kolose berkumpul.

Tema utama dalam surat ini adalah mengenai kasus Onesimus, seorang hamba dari Filemon yang kabur melarikan diri setelah mencuri benda berharga dari rumah Filemon. Onesimus yang melarikan diri ini akhirnya bertemu dengan Paulus dan bertobat menjadi orang Kristen. Sepanjang surat ini, Paulus berusaha mengubah paradigma Filemon mengenai hambanya yang murtad mengkhianati tuannya menjadi paradigma bahwa ada kesetaraan antara mereka dalam keluarga besar gereja Kristus di dunia ini.

Hal ini juga merekonsiliasi hubungan antara Filemon dan Onesimus yang tentu Filemon sangat geram ketika mengetahui barangnya dicuri oleh Onesimus dan dibawa lari. Paulus meminta agar Filemon memaafkan Onesimus. Onesimus dicatat di surat Kolose menjadi seorang dari hamba Tuhan yang mengabarkan Injil dan mengabarkan kabar-kabar mengenai Paulus kepada jemaat di Kolose.

Dalam surat yang relatif pendek ini, Paulus akan menjelaskan rekonsiliasi manusia dengan Allah melalui Kristus PutraNya yang tunggal. Semoga pembahasan surat ini dapat menjadi berkat bagi kita semua.




Comments