Introduksi Surat Titus


Surat kepada Titus ini merupakan salah satu surat yang ditulis Paulus kepada rekannya yang tinggal di daerah tempat Paulus menginjili untuk menjaga pertumbuhan gereja di tempat tersebut. Walau banyak kritik yang menyatakan adanya perbedaan cara menulis Paulus pada surat ini, namun kekonsistenan Teologi dan prinsip yang ia sandang dalam surat ini membuktikan bahwa surat ini merupakan surat tulisan Paulus. Terlebih lagi dalam surat ini tertulis bahwa Pauluslah penulis surat ini. Oleh karena hal-hal ini maka surat ini dapat dilihat sebagai surat Paulus kepada Titus.

Surat ini dikirim kepada Titus yang berada di pulau Kreta. Sebelumnya Paulus melakukan perjalanan misi ke Kreta dan berhasil membangkitkan orang-orang percaya di pulau tersebut. Kemudian orang-orang percaya tersebut bersekutu untuk membentuk gereja Tuhan di Kreta. Untuk memastikan pertumbuhan jemaat di Kreta, maka Paulus meninggalkan Titus rekan pelayanannya di sana.

Sesuai dengan perkiraan Paulus, maka ada tantangan besar yang datang kepada jemaat di Kreta. Ada guru-guru palsu yang membawa ajaran palsu kepada jemaat di Kolose. Guru-guru palsu ini seperti pada jemaat-jemaat lain berusaha menurunkan keabsolutan dalam keTuhanan Kritus dan bahwa kematianNya cukup untuk menyelamatkan kita. Surat ini merupakan surat Paulus kepada Titus yang membimbing Titus agar dapat melawan ajaran-ajaran sesat tersebut.

Kiranya pembahasan surat ini dapat membuat kita mengenal Kristus lebih lagi dan sesuai yang menjadi tema utama pada surat ini, semoga kita dapat menjadi pelaku Firman, bukan hanya pendengar saja.


Comments