Titus 1:1-4 part FINAL

Pada perikop pembuka ini, Paulus menekankan identitasnya sebagai hamba dari Tuhan yange merupakan Tuhan yang telah menjanjikan kehidupan yang kekal bagi orang-orang yang percaya padaNya. Paulus juga menegaskan bahwa walaupun orang Kreta kebanyakan adalah orang yang tidak jujur dan sering ingkar janji, namun pribadi Tuhan bukanlah pribadi yang rendah seperti itu. Ketika Tuhan mengikat sebuah janji kepada manusia, maka Tuhan akan menepati semuanya menurut waktuNya.

Paulus mengawali surat ini dengan menyatakan identitasnya kepada Titus. Hal ini menguatkan hati Titus karena melihat ada orang yang masih berjuang di luar sana untuk Injil. Terlebih Paulus mengingatkan Titus kembali akan janji hidup yang kekal bagi orang-orang yang percaya kepadaNya. Hal ini menjadi dorongan bagi Titus untuk terus maju di tengah kesulitannya mengatasi guru-guru palsu di Kreta.

Dalam sebuah keluarga yang sejati, maka sesama anggota keluarga akan saling menopang satu sama lain. Hal ini juga yang harus dilakukan dalam keluarga seiman kita. Dalam ikatan iman, kita harus menopang satu sama lain. Hal ini dapat dilakukan dengan berbagai macam hal. Mulai dari mendoakan orang seiman, menghibur mereka ketika kesulitan, bahkan sampai mengabarkan Injil bagi orang-orang yang hilang di luar sana.

Kiranya kita dalam one body of Christ dapat saling menopang satu sama lain dan saling mendukung dalam peran kita masing-masing dalam tubuh tersebut. Agar gereja Tuhan dapat bertumbuh dan memuliakan Tuhan dan menghadirkan kerajaanNya di dunia ini.



Comments