Titus 1:5-16 part 1


Paulus membuka perikop baru ini dengan menyatakan tugas apa yang ia tinggalkan bagi Titus untuk ia kerjakan. Paulus mengatkan bahwa Titus harus mengangkat penatua-penatua untuk jemaat di Kreta. Tugas ini dilakukan Paulus sebagai bagian dari cara ia menanam gereja di berbagai tempat dan menjaganya dalam pertumbuhan.

Paulus telah melakukan metode yang sama dari setiap pelayanannya yang menumbuhkan gereja baru. Ia akan memantau dan mengangkat orang-orang untuk mengurus gereja tersebut. Dengan demikian walaupun Paulus meninggalkan gereja tersebut, masih ada orang yang akan mengurus gereja di tempat tersebut. Namun ketika Paulus mengatakan kepada Titus untuk mengangkat penatua untuk jemaat di Kreta, hal ini menandakan bahwa jemaat Kreta masihlah baru dibentuk.

Hal ini mengingatkan kita bagaimana kita harus melakukan penginjilan kita. Penginjilan haruslah berakhir dengan tumbuhnya gereja. Tanpa tumbuhnya gereja dimana umat Allah dapat bersatu, maka mereka akan tercecer dan tidak dapat bertumbuh dengan baik. Ketika umat percaya disatukan, maka darisana akan timbul kekuatan besar untuk menghadapi tantangan seperti yang dimiliki oleh jemaat mula-mula. Dari gereja ini, maka dapat dibangun fondasi iman yang kokoh yang tidak dapat digoyahkan.

Kiranya kita boleh mengingat agar tidak melakukan penginjilan di suatu tempat sekali lalu meninggalkannya begitu saja. Kita harus mau berusaha untuk membangun sebuah persekutuan di tempat tersebut, agar jiwa-jiwa yang boleh kita tarik boleh memiliki media tumbuh yang sesuai dan dapat bertumbuh menjadi serupa Kristus.


Comments