Titus 1:5-16 part 4


Paulus melanjutkan suratnya kali ini dengan menyatakan apa yang harus gereja Kreta lakukan untuk menghadapi guru-guru palsu ini. Paulus mengatakan bahwa mereka harus dibungkam karena mereka menghancurkan kesatuan keluarga gereja dengan mengajarkan ajaran-ajaran sesat. Paulus juga menambahkan bahwa seorang nabi dari Kreta mengatakan bahwa semua orang Kreta adalah pendusta dan Paulus pun mengonfirmasinya. Oleh sebab itu jemaat harus menegur orang Kreta agar mereka berubah.

Dalam bagian ini Paulus bukan meminta jemaat Kreta membungkam guru-guru palsu ini dengan kekerasan seperti cara yang sering dilakukan pada zaman ini. Namun Paulus mengajak agar jemaat Kreta boleh bertumbuh dalam iman dan boleh menyatakan kesalahan dari guru-guru palsu tersebut dengan pernyataan iman mereka. Lebih dari itu, Paulus juga minta agar jemaat di Kreta bisa menjadi garam untuk sekitar mereka dengan menyatakan iman mereka untuk menegur orang Kreta yang sering berdusta.

Paulus ingin menyampaikan bahwa panggilan kita sebagai orang Kristen adalah bukan untuk diam diri ato bersenang-senang dalam dunia ini. Panggilan kita sebagai orang Kristen adalah menyatakan iman kita kepada orang-orang lain sehingga mereka boleh dibenarkan kembali dalam Kristus. Kita seharusnya sebagai orang Kristen gusar jika kita bersantai-santai saja dan menikmati hidup. Karena untuk inilah kita dipanggil, untuk inilah kita diberi hidup oleh Kristus dalam dunia ini.

Mari kita semua sebagai orang yang sudah ditebus dan diselamatkan dalam darah Kristus boleh menjadi saksi-saksi iman Kristus di dunia ini. Agar dunia ini boleh dicegah kebusukannya dengan keberadaan kita.


Comments