Titus 1:5-16 part FINAL

Perikop ini secara keseluruhan menceritakan apa tugas yang harus diemban oleh Titus di Kreta beserta alasan mengapa tugas itu begitu penting. Titus diberi tugas oelh Paulus untuk segera menentukan tua-tua untuk jemaat di Kreta. Paulus begitu memburu-buru Titus karena adanya guru-guru palsu yang mengajarkan ajaran sesat telah berkeliaran di tengah jemaat. Para guru palsu ini menyebarkan Injil palsu yang memecah gereja. Oleh sebab itu keberadaan tua-tua pada gereja sangat dibutuhkan.

Paulus menjelaskan kriteria ketat yang dibutuhkan untuk seseorang dapat menjadi tua-tua jemaat. Kriteria ketat ini sangatlah penting mengingat tua-tua adalah peran yang akan mengatur jemaat disaat tidak ada Rasul di tempat tersebut. Jika ada hati yang bercabang pada seorang tua, maka jemaat dapat dengan mudah hancur berantakan.

Lebih dari itu Paulus mendorong jemaat Kreta agar ikut bertumbuh dan dapat bertahan melawan guru-guru palsu tersebut. Bahkan, Paulus memberikan mereka untuk meredeem jemaat Kreta yang terkenal sering sekali berbohong. Ditambah lagi Paulus menutup dengan mengutuk guru-guru palsu yang menghasut jemaat tersebut. Dikatakan bahwa bagi orang-orang tersebut, tidak ada satu pun hal mengenai mereka yang baik, sehingga Paulus mengatakan bahwa orang seperti itu tidak akan dapat dipakai Allah untuk hal-hal yang baik sama sekali.


Biarlah perikop ini menjadi perenungan bagi kita, untuk bagaimana kita harus hidup, hidup yang selangkah demi selangkah lebih mengenal Allah dan lebih serupa dengan Kristus. Agar kiranya hidup kita ini boleh menjadi hidup yang kudus sehingga hidup kita ini yang memang diciptakan oleh Allah untuk memuliakan Dia, dapat dipakaiNya sesuai kehendakNya untuk melakukan hal-hal yang baik dan benar di mataNya.


Comments