Titus 2:1-15 part 6

Melanjutkan alasan mengapa kita harus hidup suci dalam hidup ini, Paulus membahas kunci dari bagaimana kita dapat hidup suci di dunia ini. Paulus mengatakan bahwa menunggu datangnya harapan kita dalam kedatangan Yesus Kristus yang kedua kalinyalah kuncinya. Dalam bahasa Yunani kata menunggu berarti eager yang dapat diartikan keinginan. Kunci dari hidup suci adalah dengan menantikan kedatangan Kristus untuk kedua kalinya.

Dengan menantikan kedatangan Kristus kedua kalinya, kita akan memiliki sense untuk terjaga setiap saat. Kristus menyatakan bahwa kedatanganNya tidak akan ada yang tahu kapan waktunya. Oleh sebab itu jika kita menanti terus dengan rajin dan sigap seperti para gadis-gadis bijaksana yang menyediakan cadangan minyak untuk menyambut kedatangan tuan mereka. Pengharapan akan kedatanganNya inilah yang membawa kita untuk terus berjaga-jaga hidup suci untuk menyabutNya.

Namun sayangnya, pada kenyataannya sulit sekali mendapatkan sense menanti ini. Kita akan merasa bahwa kedatangan Tuhan masih lama dan tidak perlu dipersiapkan sekarang. Pemikiran-pemikiran seperti inilah yang melemahkan perisai iman kita, membuat kita mudah terserang dengan dosa.

Kita harus merubah pikiran kita. Bukan dengan membohonginya dengan berkata bahwa Tuhan akan segera datang, oleh sebab itu, kita harus hidup suci menyambutNya, namun lebih ke bagaimana kita bersiap sedia kapanpun untuk menyambut kedatangan mempelai pria tersebut. Bukan karena Dia sebentar lagi datang, namun terlepas dari kapan Dia datang, kita harus terus setia menanti kedatanganNya dengan hidup yang suci, karena itulah satu-satunya harapan kita.


Kiranya kita sadar akan hidup ini. Hidup yang bengkok ini harus kita luruskan. Hidup yang kotor ini harus kita bersihkan. Agar kita dapat menanti dan menyambut kedatanganNya yang kedua kaliNya dengan siap siaga.

Gambar diambil dari: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhGdvX34hRGhrRaXBQUyz95H_3FcxhjmcQwrpc5_k5Acctxnr_HVEPwhmX0ens_N0br_bc_IgZnV3B2R4j9bowyWbaIbb7o7pvn69snsJLJUC4H94VmSgDRbFXIFcUX8-O90RPdg1ebo-Q/s400/jesus-coming-in-the-clouds-pic.jpg

Comments