1 Tesalonika 1:4-10 part 2

Pada bagian selanjutnya, Paulus lebih memperdalam lagi aspek yang pertama dengan menyatakan bahwa jemaat Tesalonika setelah bertobat langsung mencontoh hidup Paulus dan rekan-rekannya dan mencontoh teladan utama yaitu Kristus dengan sukacita yang dari Roh Kudus. Terlebih lagi, mereka dikatakan Paulus menjadi contoh bagi orang-orang percaya di sekeliling mereka.

Di sini jemaat Tesalonika dengan tepat mengambil tindakan setelah mereka percaya. Mereka menjadi contoh bagi orang-orang percaya di sekitar mereka melalui hidup mereka. Namun mereka mengerti satu hal yang penting: meneladani pribadi yang benar. Dalam suratnya Paulus menyebutkan ada dua pribadi darimana jemaat Tesalonika meneladani: kita (Paulus dan rekannya) dan Kristus. Dalam konteks zaman ini, peran Paulus dan rekannya dapat direpresentasikan oleh hamba Tuhan dan pemimpin-pemimpin gereja lokal, sedangkan  Kristus merupakan teladan utama yang abadi.

Hamba Tuhan pada gereja lokal adalah contoh hidup yang paling dekat yang dapat kita contoh. Hidup hamba Tuhan di gereja kita adalah contoh hidup yang nyata yang dapat kita lihat secara langsung dan contoh secara langsung. Hal ini membuat kita merasa tetap mencontoh suatu pribadi yang real. Tentu hal ini masih bergantung kepada hidup dari hamba Tuhan itu sendiri. Karena pada zaman ini banyak sekali hamba Tuhan yang berani memimpin sebuah gereja walaupun hidupnya penuh dengan dosa. Tetap jadikan Firman sebagai standar benar tidaknya hidup seseorang.

Lain dengan hamba Tuhan yang manusia dan masi dapat berdosa, kita memliki satu teladan utama yang tidak akan pernah berdosa, yaitu Kristus sendiri. Seperti yang Alkitab katakan, Kristus adalah yang terutama, Dia adalah yang sulung diantara kita semua anak-anak Allah. Dalam seluruh hidupNya selama di bumi, Dia tidak sekalipun jatuh dalam dosa. Seperti surat Ibrani berkata bahwa Dia dicobai dalam segala hal namun tetap tidak berdosa, ini berarti bahwa hidupNya adalah contoh yang paling sempurna untuk kita teladani. Karena Dia dicobai dalam SEGALA HAL, termasuk apa yang menjadi dosa kita, Dia sudah pernah digoda dalam hal itu dan Dia menang melawannya. Meneladani Kristus akan membawa kita pada hidup yang suci karena mendapatkan pengharapan melalui contoh yang menang mutlak atas dosa dan sekaligus tetap rendah hati.


Kiranya kita sebagai orang Kristen boleh mencontoh hidup Kristus sebagai teladan yang sempurna. Agar kita juga ikut disempurnakan dalam hidup ini dan dapat hidup memuliakan Tuhan sepenuhnya.


Comments