1 Tesalonika 1:4-10 part FINAL

Pada bagian ini secara umum Paulus mengingatkan jemaat Tesalonika kembali akan iman yang mereka miliki dahulu. Terlebih lagi, Paulus juga menunjukkan betapa iman mereka berbuah menjadi perbuatan yang terus menjadi berkat bagi banyak jemaat di sekitar Tesalonika dan bahkan lebih jauh lagi. Jemaat Tesalonika merupakan contoh real dari iman yang diaplikasikan dalam hidup sehingga berdampak pada dunia.

Dari bagian ini kita diajak untuk lebih lagi peduli akan kehidupan kita sebagai orang Kristen yang sudah ditebus dan diselamatkan oleh Kristus. Banyak orang Kristen yang mengaku sudah lahir baru namun memiliki hidup yang kacau. Paulus menyatakan dengan jelas bahwa orang-orang yang dipilih oleh Allah pasti harus memiliki perubahan hidup setelah bertobat. Inilah salah satu ciri-ciri pertobatan yang sejati.

Sebagai patron dan teladan kita untuk bertumbuh, Paulus menyatakan kepada jemaat Kolose agar meneladani pemimpin gereja lokal dan Kristus sendiri. Kedua pribadi ini merupakan dua wakil teladan yang disiapkan Allah dimana Kristus menjadi yang terutama dan pemimpin gereja sebagai wakil Kristus di dunia ini. Melalui dua pribadi ini, kita diberikan contoh bagaimana menghidupi hidup ini dengan benar sesuai dengan Firman Allah sendiri.

Melalui hidup yang bertumbuh semakin lama semakin menyerupai Kristus, maka kita harus menjadi contoh bagi bagi dunia ini, bagaimana kehidupan seorang manusia yang seharusnya. Hidup yang dapat membuat orang melihat pantulan kemuliaan Allah. Hal ini tentu mungkint erjadi jika kita terlebih dahulu membuka hati dan merendahkan hati untuk tunduk kepada Allah, bertobat dan mau dibentuk olehNya. Tanpa kesediaan tersebut, maka Roh Kudus tidak akan bekerja melawan kenginan kita tersebut dan membuat hidup kita tidak berubah.


Kiranya kita boleh semakin serupa Kristus sebagai teladan yang utama. Agar hidup kita boleh menjadi persembahan yang hidup dan berkenan kepada Tuhan. Terlebih lagi, hidup kita boleh menjadi berkat dan contoh bagi orang lain agar banyak orang yang menyaksikan kehidupan kita boleh ikut bertobat dan diselamatkan juga.


Comments