Titus 2:1-15 part 8

Paulus menutup perikop ini dengan memerintahkan kepada Titus untuk melakukan seluruh apa yang ia tulis sepanjang perikop ini agar orang tidak mengacuhkan dia lagi. Paulus menyimpulkan bahwa semua kekacauan di Kreta dapat dipecahkan dengan melakukan perbaikan ordo seperti yang disampaikan sebelumnya. Paulus meminta Titus untuk menyebarkan ajaran pada surat ini dan menyerang ajaran-ajaran yang salah dengan segala autoritas yang ia miliki, agar tidak ada orang yang meremehkan Titus.

Satu hal menarik yang dapat kita pelajari dari bagian ini adalah bagaimana Paulus memerintahkan Titus untuk menyebarkan ajaran yang benar ini ke orang-orang di Kreta. Mengapa menarik? Karena disini Paulus dengan tidak langsung menyatakan bahwa ajaran yang benar tidak berguna jika kita tidak memberitakannya ke komunitas kita. Kebanyakan dari kita akan menyimpan seluruh Firman yang kita dapatkan dalam diri kita sendiri. Hal ini dapat terjadi karena dua hal utama:

Pertama karena ketakutan kita untuk mengabarkan Injil yang kita dengar. Hal ini juga berhubungan dengan takutnya kita kehilangan teman atau rekan kerja jika menyatakan kebenaran secara langsung. Keraguan ini dapat berarti bahwa kita masi nyaman merasa di dunia ini. Kita menikmati dunia ini sehingga terlalu takut untuk kehilangan apapun oleh karena Injil.

Hal kedua adalah karena memang kita tidak peduli dengan Injil ini. Kita tidak peduli apa yang akan terjadi dengan orang lain di luar sana. Kita tidak peduli apakah mereka akan diselamatkan atau masuk dalam neraka. Ini adalah hal yang fatal bagi orang Kristen. Ketidakpedulian kita ini membuat kita tidak dapat dipakai dengan positif sesuai dengan kehendak Allah. Kita terlalu berpusat pada diri kita, dan tidak lagi berpusat kepada apa kehendak Allah dalam hidup kita.


Sebelum Kristus naik ke Sorga, Ia memberi perintah bagi kita umatNya untuk mengabarkan Injil sampai ke ujung bumi. Maka untuk itu, kiranya kita tidak menyimpan ajaran kebenaran yang telah kita terima saja, melainkan menghidupinya serta membagikannya kepada orang-orang di sekitar kita. Agar mereka diberi kesempatan untuk berespon terhadap panggilan Allah melewati ajaran tersebut.


Comments