Titus 3:12-15

Paulus menutup suratnya dengan perintah agar Titus menemuinya di Nikopolis ketika Paulus mengirimkan Artemas atau Tikikus ke Kreta untuk membantu pelayanan disana. Ia juga mengatakan agar ia membantu Zenas dan Apollos di jalan menuju ke Nikopolis agar mereka berdua tidak kekurangan apa-apa. Agar jemaat lain dapat melihat bahwa berbuat baik untuk membantu sesama itu perlu adanya dan bukannya tidak berbuah.

Paulus menggambarkan pada penutup suratnya bahwa gereja haruslah bersatu. Bersatu agar dapat saling membantu satu sama lain untuk boleh mengabarkan Injil dan memuridkan setiap dari orang yang ada di dunia ini. Setiap orang dalam tubuh Kristus memiliki peran mereka masing-masing dan kita dituntut agar memenuhi peran yang telah disediakan Tuhan bagi kita dalam tubuhNya. Mungkin kita hanyalah orang yang melayani di gereja dan tampak normal-normal saja namun jika memang kita dipanggil Tuhan untuk itu, baiknya kita kerjakan pekerjaan tersebut dengan kualitas maupun dengan kuantitas sesuai tuntutan Tuhan.

Paulus juga meminta Titus mendemonstrasikan pekerjaan baik yang akan dicontoh oleh jemaat-jemaat lainnya. Hal ini membuktikan pentingnya perbuatan baik dalam gereja. Namun perlu diingat bahwa ini tidak menjadi inti dari gereja apalagi syarat bagi seseorang agar diselamatkan. Dengan adanya perbuatan baik, maka satu orang dapat membantu lainnya yang lebih membutuhkan. Dengan demikian gereja akan lebih stabil dan lebih dapat menjadi berkat bagi orang lain.


Kiranya kita boleh bersatu dalam kasih Kristus, membentuk sebuah gereja Tuhan yang kudus di dunia ini. Agar kita dapat menjadi perwakilan Tuhan yang memancarkan kemuliaanNya pada dunia ini, sehingga seluruh dunia tunduk menyembahNya.

Gambar diambil dari: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhfgySG2qN0M0G7lCkebJDCsoSUWkpPms-bWuecEePZqDBqNRgIQqRY6DcRegWBi4hG84rbAai4Zma1Ipf-sD_ve1vS1iftCKKnsbgJt7e76V0epooM9K4pVyl7KyACvpy4o6iVxHAAc_Q/s1600/GoodDeeds.jpg

Comments