1 Tesalonika 2:17-3:5 part 2

Pada akhir ayat 2, Paulus menyatakan kembali bahwa jemaat Tesalonika merupakan jemaat yang sejati. Paulus menyatakan hal ini dengan mengatakan bahwa jika diibaratkan sebuah lomba dalam harapan dan sukacita, maka jemaat Tesalonika merupakan jemaat yang juara dan layak mendapat mahkota kemenangan.

Kemenangan seperti inilah yang seharusnya kita orang Kristen cari selama masih di dunia ini. Kita harus dapat memprioritaskan hal-hal yang penting diatas hal-hal yang kurang penting. Paulus pada suratnya yang lain pernah mengajarkan bahwa hal-hal yang kekallah yang seharusnya kita kejar selama di dunia ini, karena hal-hal di dunia ini akan hilang ketika kita meninggal nanti. Namun hal-hal kekal akan tetap di kekekalan. Hal-hal kekal itulah yang seharusnya kita perjuangkan seperti sedang berusaha memenangkan lomba.

Hidup kekristenan pada zaman ini sudah banyak sekali rusak. Kebaktian-kebaktian dengan Injil yang sejati sudah banyak ditinggalkan di seluruh belahan bumi. Orang-orang lebih mengejar kebaktian dimana ada penyembuhan, kekayaan, kemakmuran. Orang-orang lebih terpaku pada hal yang sementara dibandingkan hal yang kekal. Manusia lebih suka melihat hal yang kelihatan langsung daripada hal yang nanti kita rasakan pada kekekalan yang belum terlihat. JIka kita masih seperti ini, kita harus bertobat. Kita harus mencari pengenalan akan Allah lebih dari mencari hal-hal duniawi. Kita harus mencintai Allah lebih dari mencintai hal-hal duniawi.


Kiranya kita boleh berlari dan berjuang sekuat-kuatnya untuk mengejar hal-hal surgawi seperti jemaat Tesalonika. Agar hidup kita boleh berarti bagi Allah ketika masi di dunia ini.


Comments