1 Tesalonika 2:17-3:5 part 4

Paulus melanjutkan suratnya dengan menekankan mengenai penderitaan sebagai bagian dari hidup orang Kristen. Paulus mengatakan bahwa sejak awal Paulus mengatakan bahwa hidup sebagai pengikut Kristus tidaklah mudah dan akan banyak berbenturan dengan orang lain. Namun hal ini harus disikapi sebagai hal yang memang harus datang dan harus kita lewati untuk bertumbuh.

Ajaran Paulus ini bertolak belakang dengan gereja-gereja pada zaman ini. Hampir seluruh gereja lokal yang berdiri di zaman ini, tidak lagi menyorot penderitaan sebagai orang Kristen. Salib yang seharusnya kita pikul sebagai pengikut Kristus sudah banyak dihilangkan dari pemberitaan mimbar. Sebaliknya hal yang diberitakan adalah kesuksesan, kemakmuran dan segala hal yang baik yang bahkan Firman Tuhan tidak pernah katakan sama sekali. Hal inilah yang menyebabkan loyonya gereja zaman ini. Semua tidak ada yang mau bersusah payah menentang arus kencang kehidupan ini. Kebanyakan hanya akan ikut mengalir bersama arus zaman ini dan berkata, “Saya sudah hidup cukup baik.”

Alkitab sebagai Firman Tuhan tidak pernah mengajarkan hidup yang demikian. Paulus kali ini mengajarkan sejak awal bahwa hidup sebagai orang Kristen adalah hidup yang akan mengalami banyak kesulitan. Hal ini terjadi karena kita dipanggil untuk menjadi berbeda dengan dunia atau berenang melawan arus. Secara automatis maka hidup yang berbeda dengan dunia ini akan dipandang sinis, dikecam dan bahkan dibenci oleh dunia. Alkitab berkata bahwa Tuhan tak pernah janji bahwa hidup kita akan berjalan mulus, namun Dia berjanji akan selalu beserta kita. Jika hidup kita mungkin terlalu mulus tanpa pergumulan, kita harus khawatir apakah hidup kita sudah seperti yang dikehendaki oleh Allah.


Mari kita orang Kristen sadar, bahwa Allah tidak memilih kita untuk bersantai-santai dan berpesta pora di dunia ini. Dia menginginkan kita memuliakan Dia seperti layaknya Tuhan. Dengan memuliakan Tuhan, pasti dunia ini akan semakin tidak menyukai kita. Namun sebagai orang Kristen kita harus ebrtahan dan terus setia kepadaNya.


Comments