Australia Trip 2013 – How Great Thou Art

Akhirnya dengan anugerah Tuhan, tulisan di blog ini dapat dilanjutkan kembali setelah 2 minggu terhenti. Pada kali ini saya ingin membagikan sedikit pengalaman dari perjalanan menuju tanah Australia pada liburan lebaran kemarin. Tentu yang saya bagikan bukanlah mengenai perjalanan yang dijalani disana, namun pelajaran yang saya dapat ketika berada disana.

Satu kalimat yang muncul di benak saya ketika berada di negara tersebut ialah, “How Great Thou Art!” Sepanjang perjalanan 8 hari, kalimat tersebut terus menerus muncul di benak saya. Setelah lama tidak pergi meninggalkan Indonesia, saya sudah melupakan betapa berbeda keadaan kota di luar negeri dan di Indonesia (terutama Jakarta). Bagaimana mereka mengatur kota, transportasi umum dan banyak hal lainnya. Namun diatas semua itu, alam yang berada di sepanjang jalan antar kota di Negara tersebut sangatlah luar biasa. Bukan berarti alam Indonesia kalah dengan Australia, namun ada sebuah sense of wonder yang timbul ketika melihat pemandangan bukit-bukit hijau yang dijajaki oleh ternak yang mencari makan di sana.

Betapa luar biasanya ciptaaan Allah di dunia ini! Bahkan Tuhan mengaruniakan pemandangan yang sungguh indah dengan matahari terbenam yang begitu indah di Sydney. Segala hal tersebut benar-benar pemandangan yang mengagumkan. Namun ada satu hal yang lebih mengagumkan dari sekadar melihat pemandangan yang indah tersebut, yaitu mengenal Sang Pencipta yang menciptakan pemandangan tersebut. Inilah yang seharusnya disyukuri oleh orang Kristen di seluruh dunia.

Orang banyak mungkin melihat hal yang sama mengagumkannya dengan apa yang kita lihat. Namun tidak banyak dari mereka yang juga mengenal Allah Sang Pencipta pemandangan tersebut. Melalui alam yang Allah ciptakan, kita orang Kristen diberikan kesempatan untuk mengenal betapa luar biasanya Allah kita hanay dengan melihat pemandangan-pemandangan alam saja. Padahal alam adalah anugerah umum yang diberikan kepada semua orang. Bagaimana sikap kita seharusnya ketika mendengar Firman Allah yang diberitakan?

Firman Allah adalah anugerah yang khusus diberikan bagi orang yang dipilihNya sebelum dunia dijadikan. Seharusnya kita lebih merasa bersyukur dapat mendengarkan Firman Allah daripada melihat pemandangan indah yang Dia ciptakan. Namun pada kenyataannya kita sering sekali terkagum-kagum dengan hal yang merupakan anugerah umum Allah, sedangkan kita mengacuhkan anugerah khusus Allah yang berupa Firman.


Perjalanan ini merupakan sebuah pelajaran berharga yang mengingatkan saya betapa saya kurang mengasihi Allah karena tidak menghargai setiap FirmanNya seperti menghargai pemandangan indah yang Dia ciptakan. Kiranya setiap kita orang Kristen sadar betapa beruntungnya kita diberi anugerah untuk mengenal sang Pencipta dunia ini secara pribadi melalui FirmanNya.


Comments