1 Tesalonika 3:6-13 part FINAL

Perikop kali ini ditulis Paulus dengan berpusat pada sukacita yang ia rasakan ketika ia mendengar kabar dari Timotius yang telah kembali dari perjalanannya untuk bertemu dengan jemaat Tesalonika. Kasih dari Paulus kepada jemaat Tesalonika tercermin dari sukacita yang Paulus rasakan ketika mengetahui bahwa jemaat Tesalonika tetap beriman kepada Kristus.

Hal pertama yang dapat kita pelajari dari perikop ini adalah bagaimana Paulus mengerti poin apa dalam hidup kita yang penting untuk dijaga sampai dapat membuat seorang Paulus khawatir: iman yang teguh. Paulus dengan tepat memberikan alasan mengapa ia begitu bersukacita mendengar kabar baik dari Timotius. Hal ini dikarenakan kabar baik yang Timotius bawa adalah bahwa jemaat Tesalonika memiliki iman yang masih teguh walaupun banyak penderitaan dan aniaya mereka alami.

Tidak hanya tepat dalam melihat aspek iman, Paulus juga tidak lepas tangan dalam menunggu kabar mengenai iman mereka. Melainkan Paulus berdoa siang dan malam selama jangka waktu yang tidak sebentar agar jemaat Tesalonika dikuatkan imannya. Paulus mengerti bahwa doa memiliki kuasa yang besar namun tidak mengubah kedaulatan Allah kepada kita manusia. Dari doanya yang konsisten ini, kasih Paulus kepada jemaat Tesalonika dapat dilihat.

Pada akhir perikop ini Paulus memberikan doa berkat agar jemaat di Tesalonika boleh memiliki kasih terhadap sesama mereka seperti kasih Agape Paulus kepada mereka. Kasih Agape ini hanya datang dari Tuhan saja, bukan dari manusia. Paulus berdoa agar jemaat Tesalonika dapat menggunakan kasih ini untuk mendukung satu sama lain agar dapat hidup tidak bercela. Hal ini menjelaskan bahwa manusia dipanggil dalam komunitas dan tidak dapat berdiri sendiri. Sebagai sebuah komunitas gereja yang satu dalam tubuh Kristus, kita harus saling mendukung satu sama lain.


Kiranya kasih dari Allah Bapa dan Kristus terefleksi melalui hidup kita ini dan orang lain yang belum mengenal Kristus dapat melihat gambaran Kristus dalam diri kita. Sehingga boleh banyak orang mengenal Kristus sang juru selamat dengan benar dan dapat percaya dan diselamatkan juga.


Comments