1 tesalonika 4:1-12 part 1

Pada bagian perikop kali ini, Paulus hendak mengajak jemaat Tesalonika agar mereka menghidupi hidup yang berkenan bagi Allah. Paulus menyatakan bahwa seperti mereka menerima Paulus dan rekan-rekannya, maka mereka juga harus berjalan di jalan yang berkenan bagi Allah. Paulus kemudian dengan jelas menyatakan pada suratnya agar jemaat Tesalonika menjalani hidup yang disucikan. Yaitu dengan berhenti dari perbuatan cabul dan dapat mengontrol diri dibawah kesucian bukan membiarkan tubuh di peralat oleh nafsu.

Elemen dari hidup yang berkenan bagi Allah di dideskripsikan oleh Paulus sebagai hidup yang terus disucikan dan semakin serupa dengan Kristus. Namun tidak hanya itu, secara spesifik Paulus menyebutkan kontras antara mengontrol diri dan perbuatan cabul. Paulus menyebutkan hal ini secara spesifik karena hal ini merupakan salah satu godaan terberat bagi manusia pada zaman itu. Bahkan sampai zaman inipun, sebenarnya dosa yang satu ini adalah dosa yang sangat sering menjatuhkan orang-orang yang bahkan memiliki hidup yang suci sebelumnya.

Paulus mengontraskan pengendalian diri dan perbuatan cabul. Hal ini menjadi sebuah kunci kemenangan terhadap dosa yang satu ini. Paulus dengan tidak langsung menyatakan bahwa kehidupan yang suci jauh dari percabulan hanyalah masalah pengendalian diri. Walau sebenarnya itu tidak dapat disebut HANYA, namun masalah utaman yang dimiliki manusia memanglah kurangnya pengendalian diri ini. Pengendalian diri ini tidak lebih dari sebuah keputusan diri untuk menjauhkan diri dari dosa. Tidak perlu keajaiban untuk hal ini, hanya perlu ketetapan hati yang mencintai Kristus lebih dari dosa.

Kiranya hidup kita boleh menjadi hidup yang dapat dikendalikan dalam kesucian, bukan dalam nafsu. Dengan mengasihi Allah lebih lagi melalui FirmanNya, maka kita tidak akan lagi tertarik dengan dunia ini lagi, melainkan hanya tertarik kepada Allah dan kesuciannya saja.

Gambar diambil dari: http://l.yimg.com/ea/img/-/120322/1_tame_temptation_17mkrb5-17mkrbj.jpg?x=450&q=80&n=1&sig=7rRcr74ROY0oZB93pCt0SQ--

Comments