1 Tesalonika 4:13-18 part 2

Paulus melanjutkan penjelasannya untuk membuat jemaat Tesalonika mengerti bahwa kekhawatiran mereka salah. Paulus menjelaskan bahwa bagi mereka yang sudah meninggal terlebih dahulu tidak akan tertinggal ketika kedatangan Kristus yang kedua. Mereka yang telah meninggal akan dibangkitakan dan akan dihakimi bersama-sama dengan yang hidup pada saat itu. Hal ini menghapus kekhawatiran jemaat Tesalonika mengenai bahwa yang sudah meninggal tidak dapat diselamatkan lagi.

Bagi jemaat Tesalonika yang kebingungan bagaimana menghadapi kematian dan akan kemana mereka setelah mati, pesan dari Paulus ini memberikan penjelasan yang jelas sekali. Sebelumnya jemaat Tesalonika begitu terikat dengan masa lalu mereka dimana mereka kehilangan orang yang mereka kasihi namun tidak tahu kemana mereka akan pergi. Melalui Firman ini, Paulus menginginkan agar jemaat Tesalonika dapat maju bertumbuh dan tidak lagi terika dengan masa lalu mereka lagi.

Kita sering sekali dalam hidup ini melihat ke belakang dan tidak dapat maju karena itu. Entah itu suatu benda, tempat, kejadian ataupun seseorang dapat menahan kita untuk bertumbuh. Namun melalui Firman Tuhan yang disampaikan Paulus ini kita mendapatkan pengertian bahwa hal yang lalu sudah berlalu dan bagi mereka yang meninggal akan dibangkitkan lagi nanti dan dihakimi bersama dengan yang hidup pada kedatangan Kristus yang kedua kalinya. Jadi kita tidak perlu lagi terikat dengan masa lalu kita lagi! Kita dapat berkonsentrasi ke masa depan dan berusaha mengejar Kristus teladan kita terus menerus.


Kiranya hidup kita tidak lagi terikat dengan masa lalu dan dapat menatap masa depan dalam Kristus Yesus Tuhan kita.


Comments