1 Tesalonika 5:1-11 part 1

Perikop ini merupakan kelanjutan dari perikop yang sebelumnya mengenai kedatangan Kristus yang kedua kalinya. Karena berita mengenai Mesias yang akan datang lagi sudah terdapat pada kitab perjanjian lama, maka Paulus mengatakan bahwa ia tidak perlu lagi memberitakan ulang mengenai hal ini, bahwa hari Tuhan akan dating seperti pencuri.

Pernyataan Paulus bahwa ia tidak perlu lagi mengabarkan ulang kabar ini kepada jemaat di Tesalonika, membuktikan bahwa Paulus yakin bahwa jemaat di Tesalonika telah membaca, memahami dan mengimani akan kedatangan Mesias yang kedua kalinya dan Mesias itu adalah Yesus. Namun Paulus khusus mengulangi bagian dimana Mesias akan datang seperti pencuri. Hal ini menjadi peringatan bagi jemaat di Tesalonika agar mereka terus berjaga-jaga dalam iman setiap saat kapan pun. Karena kedatanganNya yang tidak akan pernah diketahui siapapun, sehingga Paulus meminta seluruh orang beriman terus beriman teguh tanpa lelah sedikitpun.

Hal ini Nampak begitu jauh pada zaman kita sekarang. Kita pada zaman ini, banyak orang yang sudah tidak hidup dengan menatap masa depan yang jauh sampai masa eskatologis. Semua orang hidup hanya mementingkan apa yang ada di depan mereka pada saat ini. Hal ini membuat kita sering lengah dan hidup bersantai-santai saja. Padahal Paulus mengatakan bahwa hari kedatangan Kristus dapat datang kapan saja seperti pencuri. Jika kita tidak siap, kita akan sama seperti wanita-wanita bodoh yang tidak membawa cadangan minyak dalam perumpamaan yang diberikan Tuhan Yesus. Kita akan ditinggalkan oleh Kristus ketika Dia datang kembali. Inginkah kita itu terjadi?


Oleh sabab itu mari kita kembali melihat sejarah manusia ini mulai dari penciptaan sampai konsumasi. Agar kita dapat melihat hidup ini dengan perspektif yang benar dan tidak kehilangan harapan sampai akhir. Sehingga hidup kita boleh terus berkobar demi Kristus dan berkenan padaNya.


Comments