1 Tesalonika 5:12-28 part 11

Paulus melanjutkan kembali bagain terakhir dari suratnya dengan menyatakan kepada jemaat di Tesalonika agar mereka berdoa untuk dia dan rekan sepenginjilannya serta menyapa satu dengan yang lain dengan ciuman suci. Hal ini disebutkan Paulus dengan tujuan agar jemaat di Tesalonika memiliki kesadaran bahwa mereka hidup dalam sebuah komunitas yang tergabung dalam gereja Allah yang tidak terlihat.

Aspek pertama yang Paulus nyatakan ialah berdoa untuk dirinya dan tim penginjilannya. Hal ini menyatakan kasih bagi mereka yang berada jauh dan mungkin bahkan kepada mereka yang belum dikenal jemaat Tesalonika. Walaupun tidak mengenal siapa saja, Paulus mengajak jemaat Tesalonika untuk berbagian dalam pelayanannya dengan mendoakan pelayanannya. Kita harus sadar bahwa tidak selalu kita mengenal umat Kristen di luar sana. Namun kita tetap harus mendoakan mereka yang bekerja untuk kerajaan Allah. Karena kita semua adalah satu dalam tubuh Kristus yaitu gereja. Hal ini juga mengajar jemaat Tesalonika agar tidak saja berdoa untuk kepentingan mereka saja, melainkan kepentingan Allah dalam karyaNya.

Aspek yang lainnya ialah menyapa saudara-saudara dalam Kristus dengan ciuman yang suci. Hal ini merupakan simbol dari perkumpulan orang Kristen dalam kesucian. Paulus menuntut agar jemaat Tesalonika dapat menjaga kekudusan mereka dan terus bertumbuh bersama-sama sebagai satu tubuh Kristus.

Jauh dan dekat, dalam dua hal ini gereja sekarang gagal. Dalam hal kasih kepada yang jauh, hal ini sama sekali tidak terpikirkan oleh banyak gereja zaman sekarang. Orang-orang lebih tergerak dengan fenomena-fenomena yang sedang menjadi sorotan dan ikut bersimpati secara fenomena. Tidak hanya bicara gereja yang tidak terlihat, bahkan untuk gereja yang terlihat pun kita cenderung acuh tak acuh. Kita hanya peduli dengan sekelompok kecil teman-teman kita saja dan tidak ada urusan lagi dengan jemaat-jemaat lainnya.

Sebagai sesama orang yang sudah ditebus, mari kita saling mengingat dan saling mendukung satu sama lain. Mulai dalam bentuk sederhana seperti doa sampai saling menghibur satu sama lain. Agar jemaat Tuhan boleh memiliki ikatan yang kuat dan memiliki kekuatan untuk bersama-sama melayani Tuhan dan menggerakkan dunia ini.



Comments