1 Tesalonika 5:12-28 part FINAL

Dapat disimpulkan dari perikop terakhir dalam surat Paulus kepada jemaat di Tesalonika yang pertama ini, ada dua hal yang penting. Pertama adalah bagaimana Paulus menyatakan kepada jemaat di Tesalonika ciri-ciri yang membedakan kekristenan dari orang-orang di luar kekristenan. Hal yang kedua adalah pengokohan dan dorongan Paulus agar jemaat di Tesalonika dikuatkan kembali.

Dalam poin pertama, Paulus mendaftarkan daftar panjang apa yang menjadi ciri-ciri orang Kristen yang sudah diselamatkan. Biarlah ciri-ciri ini dapat membuat kita terus mengecek kembali apa yang menjadi kualitas hidup kita selama ini dan yang akan datang. Apakah hidup kita sudah berada di jalan yang benar, ataukah hidup kita selama ini sangat cuek dengan apa yang Tuhan ingin kita hidupi?

Dalam poin kedua, Paulus mendorong jemaat di Tesalonika untuk dapat hidup terus bertahan di tengah-tengah penganiayaan yang mereka alami pada zaman itu. Kiranya kita sebagai orang yang hidup di zaman ini, boleh juga ikut terhibur membaca surat ini. Karena apa yang dikatakan Paulus melalui suratnya itu masih berlaku hingga sekarang bahkan sampai kesudahan zaman.


Kiranya Firman Tuhan dapat terus mengingatkan kita semua bagaimana hidup yang benar di hadapan Allah serta terus semangat untuk hidup dan berjuang demi nama Tuhan dipermuliakan.


Comments