2 Tesalonika 1:5-12 part 3

Pada bagian selanjutnya dari surat Paulus ini, Paulus menyatakan penghakiman akan datang bagi orang yang tidak percaya dan tidak taat kepada Kristus. Mereka akan menerima penghakiman dan akan menerima hukuman kehancuran kekal, dijauhkan dari hadirat Allah kan kemuliaanNya. Melalui gambaran ini, Paulus hendak menyatakan peringatan bagi jemaat di Tesalonika dan kita yang membaca suratnya dalam Alkitab bahwa penghakiman akan datang bagi semua orang, dan hukuman akan menimpa mereka yang tidak percaya dan tidak taat.

Hal ini dengan jelas menyatakan ada dua jenis manusia yang akan dihukum pada saat kedatangan Kristus yang kedua kalinya: tidak percaya dan tidak taat. Manusia yang tidak percaya memang sudah pasti tidak diselamatkan karena tidak termasuk orang percaya, namun Paulus menyebutkan orang yang tidak taat juga merupakan orang yang akan dihukum. Hal ini menjadi peringatan keras bagi seluruh umat Kristen yang ada, Tuhan tidak hanya menuntut kepercayaan, namun bukti nyata dari kepercayaan tersebut yang merupakan ketaatan kepada FirmanNya.

Hal ini bukan berarti bahwa keselamatan orang yang sudah dipilih dapat ditarik kembali. Alkitab dengan jelas menyatakan bahwa sekali diselamatkan, seseorang tidak dapat ditarik keluar dari keselamatan tersebut. Hal ini berarti bahwa jika orang tersebut hanya percaya namun tidak taat, maka sebenarnya orang tersebut tidak benar-benar percaya kepada Kristus. Ada seorang muda kaya yang percaya akan keilahian Kristus dan bertanya bagaimana cara pergi ke Sorga. Namun pada akhirnya sang pemuda tidak mau mengikut Kristus dan Yesus tidak mengejarnya kembali. Percaya tidak mungkin berdiri  sendiri, pasti harus disertai dengan ketaatan.

Bagaimana dengan gereja pada zaman ini? Pada masa ini, makna Kristen sudah terlalu banyak didistorsi oleh orang-orang tidak bertanggung jawab. Banyak orang yang menjadi Kristen karena sekadar dipaksa atau mau kemudahan hidup. Alhasil buah yang seharusnya dipancarkan oleh orang Kristen menjadi dipertanyakan. Karena banyak yang mengaku Kristen namun sedikit yang benar-benar takut dan taat kepada Kristus.


Bagaimana dengan masing-masing dari kita? Sudahkah kita hidup taat kepada Allah melalui FirmanNya? Mari kita sekalian boleh merefleksikan hidup kita. Memperbaiki hidup kita agar menjadi lebih taat kepada Kristus Tuhan kita. Supaya hidup kita boleh menjadi persembahan yang harum bagi Allah.

Gambar diambil dari: http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/e/e3/Jugement_dernier.jpg

Comments