Kesimpulan Surat 1 Tesalonika

Surat ini ditulis oleh Paulus kepada jemaat di Tesalonika setelah dahulu pernah mengunjungi jemaat di Tesalonika dan melihat betapa pertumbuhan mereka begitu baik. Namun Paulus walaupun Paulus mendengar bahwa jemaat Tesalonika bertumbuh dengan baik, dirinya tidak dapat mengunjungi mereka secara langsung. Oleh sebab itu Timotius diutus oleh Paulus untuk menjenguk jemaat di Tesalonika untuk menguatkan mereka sekaligus untuk melihat kondisi mereka. Paulus menuliskan surat ini untuk kembali meneguhkan mereka yang sedang dalam kebingungan mengenai titik eskatologis mereka, kemana mereka akan pergi setelah kematian.

Surat ini memiliki pesan kepada jemaat Tesalonika bahwa apa yang mereka lakukan sudahlah benar. Bagaimana mereka bertumbuh mengenal Kristus dari hari ke hari mendapat pujian dari Paulus. Namun Paulus tidak ingin mereka berhenti disana dengan menyarankan kepada mereka untuk terus hidup seperti kondisi yang sekarang namun lakukanlah semua itu berkali-kali lipat. Hal ini menunjukkan betapa hidup kita tidak akan pernah cukup melakukan apa yang menjadi kehendak Allah dalam hidup kita. Justru semakin kita taat dalam pimpinanNya, maka hidup kita akan merasakan sukacita yang tertinggi dan akan semakin giat mencari kehendak Allah tersebut.

Tujuan kedua dari surat ini adalah untuk memberitahukan kepada jemaat di Tesalonika bahwa mereka tidak perlu bingung mengenai apa yang terjadi setelah kematian. Paulus menyatakan bahwa kematian tidak akan memisahkan mereka dengan orang yang mereka kekasihi jika sudah percaya akan pengharapan dalam Kristus. Semua orang akan dikumpulkan dan dibangkitkan ketik akhir zaman, maka dari sana kita akan dapat melihat hidup kita yang selama ini kita sia-siakan. Hal ini menghilangkan kekhawatiran jemaat di Tesalonika mengenai hal ini.

Terakhir dari surat ini adalah bagian yang sulit dilupakan oleh Paulus, yaitu adalah pengokohan jemaat Tesalonika dengan memberikan kepada mereka janji-janji yang Kristus.


Kiranya surat yang ditulis Paulus 2000 tahun yang lalu, dapat mengokohkan iman kita serta boleh membuat kita lebih peduli terhadap sekeliling kita. Agar kita bersama-sama dapat bersatu sebagai gereja Allah di tengah dunia ini dan boleh menyatakan namaNya sampai akhir zaman tiba.


Comments