2 Tesalonika 3:6-15 part 1

Paulus memberikan nasihat kembali pada perikop yang baru ini. Paulus kali ini membahas masalah jemaat Tesalonika dimana banyak orang yang tidak mau bekerja karena menunggu kedatangan Tuhan atau memang hanya sekadar malas dan bergantung pada jemaat yang kaya. Untuk orang seperti itu Paulus menyatakan agar menjauhi mereka karena mereka tidak menjalankan tradisi yang diajarkan oleh Paulus dan rekan-rekannya.

Selain daripada kondisi yang membingungkan karena banyak orang yang mengajarkan bahwa hari Tuhan sudah tiba, maka dampak lain dari kabar tersebut adalah kemalasan orang-orang untuk bekerja. Sebagian orang menjadi apatis dengan dunia ini karena menganggap bahwa Kristus akan segera datang kembali, sehingga mereka tidak memperdulikan hal-hal di dunia ini. Walaupun sekilas alas an mereka masuk diakal, namun sebenarnya prinsip yang diajarkan oleh Paulus dari Yesus merupakan prinsip yang berbeda sama sekali. Paulus menyatakan bahwa mereka harus bekerja keras seperti bagaimana para Rasul bekerja keras demi tidak membebani jemaat untuk makan.

Setiap orang Kristen dituntut untuk menjadi prajurit yang rajin oleh Tuhan. Kita dididik untuk menjadi prajurit yang giat berlatih dan bekerja, agar ketika waktu perang tiba, maka kita semua siap berperang bagiNya. Bekerja keras di sini dapat diartikan menjadi bekerja keras dalam persiapan dan bekerja keras dalam tindakan mandat budaya dan Injil. Bekerja keras dalam persiapan aberarti terus mempersiapkan diri untuk peperangan yang akan dating. Terus mengasah diri, mengenal Tuhan lebih sehingga kita dapat bertahan ketika peperangan rohani melanda kita. Selain daripada persiapan, kita juga harus giat untuk berkarya dalam mandat budaya dan Injil. Kita harus giat belajar bidang yang kita geluti agar boleh menyatakan Kristus dalamnya dan giat dalam mengabarkan Injil Kristus bagi orang-orang yang belum mendengarkanNya.


Kiranya hidup kita boleh diubah oleh kuasa darahNya, menjadi hidup yang rajin berkarya. Seperti hamba yang mengusahakan talenta agar berbunga dan memuliakan Tuannya, demikian pula kita harus bekerja keras menghadirkan kerajaan Allah di dunia ini.

gambar diambil dari: http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/8/8f/If_you_work_hard_good_things_will_happen.jpg

Comments