2 Tesalonika 3:6-15 part 2

Paulus melanjutkan hardikannya kepada anggota jemaat di Tesalonika yang malas bekerja dengan menyatakan diri mereka sebagai contoh. Paulus menyatakan agar jemaat di Tesalonika mencontoh kehidupan Paulus dan rekan-rekannya yang bekerja keras demi dapat hidup tanpa membebani jemaat. Paulus menyatakan dengan autoritasnya agar orang yang tidak bekerja atau pura-pura sibuk tidak boleh diberi makan.

Kemalasan merupakan musuh besar manusia. Sejak masih dini, jika tidak dipaksa untuk bekerja keras maka manusia akan cenderung hidup malas, apalagi jika ditambah lingkungan yang nyaman. Bahkan dosa ini begitu tercampur kedalam hidup manusia hingga definisi hidup bahagia manusia pun merupakan hidup santai tapi tidak kekurangan yang berarti juga malas! Paulus menegaskan kepada jemaat di Tesalonika bahwa orang malas tidak seharusnya dikasihani. Semakin seorang malas dikasihani, maka orang tersebut justru akan semakin tergantung dengan pemberi sedekah tersebut. Kita harus tahu bahwa mendidik tidak selamanya dengan memberi kemudahan kepada orang, justru lebih sering kita harus keras agar dapat mendidik orang agar tidak malas.

Poin kedua adalah mengenai teladan Paulus. Paulus menyatakan agar jemaat Tesalonika meneladani dia dan rekan-rekannya yang mengabarkan Injil. Mereka tidak hidup tergantung dengan jemaat yang mereka kunjungi, melainkan mereka bekerja siang dan malam untuk mendapatkan uang agar dapat hidup tanpa membebani jemaat. Di sini rasul Paulus memberikan contoh bagi kita agar tidak menggantungkan diri kepada orang lain walaupun kita mungkin memang dalam posisi yang sulit. Paulus memberikan contoh kepada jemaat di Tesalonika agar mereka dapat mencontoh dirinya yang terus gigih berjuang tanpa lelah demi Injil disebarkan sembari tidak bergantung kepada manusia melainkan hanya kepada Tuhan saja.


Mari kita hidupi hidup kita sebagai hidup yang benar, benar menurut apa yang Tuhan inginkan yang disampaikanNya melalui Alkitab. Menghidupi hidup yang rajin, bekerja keras demi pekerjaanNya jadi dan hidup menjadi contoh bagi orang-orang di sekitar kita agar mereka dapat ikut bekerja keras demi Allah.

Gambar diambil dari: https://www.lds.org/bc/content/shared/content/images/gospel-library/manual/35666/35666_all_052_11.jpg

Comments